Harus Tau! Ini 8 Penyebab Mobil Mogok Tidak Bisa Distarter

Pernahkah mobil Anda mogok di tengah jalan dan mesin sulit dinyalakan kembali? Sebenarnya penyebab mobil mogok tidak bisa distarter ternyata cukup beragam. Hal ini kadang membuat pengendara menjadi sebal atau jengkel karena bisa menghambat aktivitas berkendara. Mobil yang sulit distarter ini biasanya disebabkan oleh kerusakan komponen mesin mobil. 

Bagi pemilik kendaraan yang masih awam dan minim pengetahuan, tentunya akan kesulitan untuk mencari penyebab permasalahan mobil mogok dan susah distarter ini. Selain karena penyebabnya dikarenakan beragam hal, mobil mogok juga dipengaruhi oleh faktor kerusakan lainnya. 

Kenapa Mobil Mogok dan Sulit Distarter? 

Mobil yang mogok hingga tidak bisa distarter dapat terjadi karena berbagai permasalahan yang terjadi dalam komponen mobil. Kenapa bisa terjadi demikian, walau beberapa fitur seperti aki masih bagus dan lampu mobil menyala? Hal itu dikarenakan terjadinya kerusakan pada komponen lain. 

Perlu diketahui bahwa mobil merupakan kendaraan yang komponennya saling berhubungan satu sama lain. Adanya kerusakan pada salah satu fitur dalam mesin akan membuat mobil sulit dinyalakan walaupun beberapa fitur lainnya masih bagus dan tidak ada indikasi kerusakan. 

Dengan mengetahui penyebabnya secara dini, Anda dapat mengantisipasi kerusakan mobil yang membuatnya menjadi mogok dan tidak bisa distarter. Simak penyebabnya sebagai berikut: 

1. Kerusakan Dinamo Starter 

Mobil menjadi mogok dan sulit distarter dapat disebabkan oleh rusaknya komponen dinamo. Dinamo ini merupakan fitur yang bertanggung jawab menyalakan dan menggerakkan mesin. Apabila mengalami kerusakan, maka sudah  tentu mobil Anda tidak bisa dihidupkan. 

Namun perlu dipahami bahwa biasanya kerusakan dinamo ini jarang terjadi, karena umumnya dibuat cukup awet. Terkadang sistem ini hanya akan mengalami penurunan fungsi bagi kendaraan mobil yang sudah berusia lebih dari 7 tahun. 

2. Aki Rusak 

Mobil yang tiba-tiba mogok bisa disebabkan oleh aki yang sudah rusak. Fitur aki berguna sebagai penyimpan daya listrik kendaraan. Fungsi aki lainnya yakni untuk starter elektrik, penyuplai energi, dan fuel pump. 

Ciri aki yang rusak dapat ditandai dengan mogoknya mobil, tidak bisa distarter, tidak ada suara mesin, dan lampu interior mobil yang tidak menyala. 

3. Kerusakan Pada Tutup Distributor

Penyebab mobil mogok tidak bisa distarter selanjutnya adalah karena rusaknya tutup distributor mobil. Fungsi tutup distributor pada mesin mobil yakni sebagai sistem pengapian yang memberikan tegangan listrik dari koil ke busi, agar starter dapat dinyalakan. Sebaliknya jika tutup distributornya rusak, maka mobil Anda tidak bisa distarter. 

Starter mobil yang tidak bisa dinyalakan juga dapat terjadi karena adanya kelembaban yang terjadi di bawah tutup distributor. Selain itu adanya keretakan dan kerusakan total tutup distributor, dapat mengakibatkan mobil yang sama sekali tidak bisa dihidupkan. 

4. Busi Mobil Sudah Korosi 

Kalau aki mobil Anda masih bagus, tetapi kendaraan masih belum bisa distarter, maka bisa jadi disebabkan oleh busi yang korosif. Busi merupakan fitur yang berguna untuk membakar bensin dan udara dengan menggunakan gerakan piston untuk menyalakan mobil. 

Korosif atau karat yang terjadi pada busi dapat menghambat pengapian saat proses starter. Selain korosi, busi juga tidak dapat bekerja efisien dikarenakan adanya kotoran yang menumpuk. Ada baiknya untuk membersihkan bagian tersebut dengan cairan khusus. 

5. Aliran Bensin Tersumbat 

Bahan bakar bensin berfungsi sebagai energi untuk mobil mengaktifkan kinerja mesin dan komponennya. Apabila aliran bensin mobil tersumbat maka yang terjadi mesin tidak mendapat pasokan energi yang membuat mobil tidak bisa hidup. 

Guna menghindari tersumbatnya aliran bahan bakar, Anda perlu mengecek dan membersihkan tangki seperti filter dan needle valve untuk melancarkan proses pengaktifan mesin. 

6. Kerusakan Koil 

Koil merupakan komponen mesin mobil yang berguna mengubah tegangan aki menjadi daya listrik. Koil yang overheat dan rusak, bisa mengakibatkan mobil mogok dan tidak bisa distarter. 

Hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi kerusakan koil hanya dengan cara menggantinya dengan yang baru. 

7. Dudukan Mesin Terganggu 

Dudukan mesin atau engine mounting merupakan komponen yang mudah robek karena terbuat dari karet dan logam. Apabila engine mounting ini rusak atau robek, maka peredam mobil tidak akan berjalan normal dan mengakibatkan mobil tidak bisa distarter. 

8. Alternator Mobil Rusak 

Alternator mobil adalah komponen yang berfungsi menyuplai listrik ke aki. Kerusakan yang terjadi pada fitur ini akan menyebabkan aki menjadi soak hingga mobil tidak memiliki energy untuk dinyalakan. 

Demikianlah pembahasan mengenai penyebab mobil mogok tidak bisa distarter sebagai bekal pengetahuan bagi pengendara mobil. Terkhusus bagi pemilik mobil yang masih awam dengan sistem perawatan komponen mesin mobil. 

Jika merasa kesulitan apabila Anda harus mengecek sendiri dan memperbaiki kerusakan, maka tenang dulu. Anda bisa datang ke tempat servis mobil terpercaya seperti Toko Aki Jogja Sinar Utama Battery. Ahli dalam melayani dan menyelesaikan masalah kendaraan konsumen, Anda bisa konsultasi terlebih dahulu dengan Telp ke 0274556080 atau WhatsApp ke 08226507272. 

Pengunjung
Advertisement